Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 03 November 2013

MENGENAL USER INTERFACE MS WORD 2010


            Secara garis besar user interface program MS WORD 2010 memiliki delapan bagian utama. Berikut ini bagian-bagian tersebut.


1.   tab file

Tab file di sediakan untuk mengakses backstage view. Backstage view ini berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan menajemen file seperti seve, open, print, save & send, serta beberapa perintah lainnya.

2.   tombol word

      Bila anda memilih tombol word, maka anda akan mendapati munculnya opsi restore, minimize, move, size, dan close

3.   Quick access toolbar

      Swprti nama nya, Quick access toolbar adalah sebuah toolbar yang disediakan agar anda bisa melakukan akses secara cepat menuju perintah-perintah tertentu. Secara default, perintah –perintah yang terlihat pada toolbar ini dalah perintah save, undo, dan redo.  Tapi anda dapat memodifikasi perintah-perintah yang muncul di toolbar ini sesuai dengan kebutuhan.

4.   Title Bar

      Title bar menampilkan keterangan nama dokumen.

5.   tombol minimize, restro, dan close
     
      Tmbol minimize berfungsi untuk menyembunyikan atau memperkecil tampilan jendela MS Word, tombol resto bertugas memperbesar tampilan jendela, sedangkan tombol close didunakan untuk menutup jendela MS Word.

6.   Ribbon

      Ribbon ini terdiri dari beberapa tab. Masing-masing tab berisi beragam perintah yang di bedakan dalam beberapa kelompok.

7.   Status Bar

      Status bar menampilka informasi dasar seperti keterangan halaman lokasi anda berada, jumlah total halaman dokumen, jumlah kata dalam dokumen, dan bahasa yang di gunakan dalam dokumen, bagian ini juga berisi tombol-tombol View untuk mengubah tampilan dokumen dan control zoom untuk mengtur ukuran tampilan dokumen.


8.   Area Dokumen

      Di area inilah anda bisa mengetikan teks, menabahkan grafik, garis vertical kecil yang terlihat berkedip-kedip menunjukkan lokasi munculnya teks bila anda mengetik.


Mengenal  Ribbon

Berikut ini tab-tab default yang terdapat dalam ribbon :
     
1.   tab file

      Tab file merupakan pengganti office button yang terdapat pada versi MS Office 2007 dan pengganti menu file yang terdapat pada versi MS World sebelum versiMS Word 2007. Bila anda memilih teb ini,maka anda akan masuk ke dalam Backstage View.

      Di dalam backstage view, anda bis amengakseas perintah-perintah yang berkaitan dengan menajemen  file yakni perintah untuk menbuka file, perinta save Asdan seve untuk menyimpan file, perintah new untuk membuka dokumen baru, perintah Recent untuk melihat dan membuka dokumen-dokumen yang baru saja dibuka perintah Printuntuk mempersiapkan pencetakan dokumen dan melihat preview dokuman, perintah save & send untuk menyimpan dan mempublikasikan dokumen, perintah close untuk menutup dokumen, perinta Help untuk mengakses panduan penggunaan program yang disediakan oleh Microsoft, perintah info untuk melihat infirmasi yang berkaitan dengan dokumen, perintah options yang berisi pengaturan-pengaturan  berkaitan dengan program MS Word 2010, dan perintah Exit untuk keluar dari aplikasi MS Word 2010.

2. Tab Home

      Bila anda masuk ke tab home, maka anda akan mendapati perintah-perintah yang bnerkaitan dengan teks seperti memilih jenis font, ukura font, warna font, pengaturan paragraph, beragam pilihan style, dan fasilitas untuk proses editing dokumen.



Tampilan perintah-perintah dalam Tab Home


3.   Tab insert

      Dalam tab ini anda bisa menemukan perintah untuk menambahkan cover dokumen, table, foto, Clip, Arts, shapes, diagram, grafik, shot, hyperlink, header, footer, nomor halaman, Texs Box, Word Art, Drop Cap, symbol, dan objek-objek pelengkap dokumen lainnya.



4.   Tab Page Layout

      Pada tab ini anda bisa memilih beragam theme formatting seperti set theme formatting warna, set theme formatting font, dan set formatting efek. Pada teb ini  juga tersedia  perintah untuk mengatur orientasi halaman , ukuran kertas, margin, menam,bahkan watermark, page calor, pege border, dan perintah-perintah untuk mengtur posisi objek di halaman dokumen.


5.   Tab References

      Tab ini menyediakan perintah-perintah untuk menambahkan komponen-komponen referensi  seperti perintah untuk membuat daftar isi, catatan kaki, kutipan, keterangan gambar dan index.


6.   Tab Mailings

      Pada tab ini anda bis amenemukan perintah-perintah yang berkaitan dengan pembuatan perlengkapan  surat menyurat eperti perintah untuk membuat amplop, lebel, pesan email dan dan beberapa perintah sejenis lainnya


7.   Tab Review

      Tab ini secara khusus menyediakan perintah-perintah untuk melakukan review atau peninjauan ulang pada sebuah dokumen yang telah anda buat.


8.   Tab View

      Berisi perintah-perintah istimewa untuk mengubah tampilan dokomen di layar komputer anda.  Perintah-perintah untuk mengubah tampilan dokumen ini meliputi perintah Print layout, fullscreen Reading, WEB Layout, Outline, dan Draft.
      Selain itu pada teb ini anda juga bisa menemukan perintah-perintah untuk menampilkan, Ruler, Gridlines, dan Panel Nevigations serta peritah-perintahyang berkaitan dengan fasilitas Macros





1.3 Membuat Dokuman baru
Langkah langkah:
  1. Tab File
  2. New
  3. Blank Document
  4. Create.

1.4 Menyimpan Dokumen
Langkah langkah:
  1. Tab File
  2. Save as, pilih tempat penyimpanan.
  3. Save

Cara lain:
  1. CRLT + S
  2. Klik icon SAVE

1.5 Membuka Dokumen
Langkah langkah:
  1. Tab File
  2. Open
  3. Pilih dokumen yang  diinginkan.
  4. Open

2.1 Menyeleksi Teks
Cara seleksi teks :
  1. Klik dan Drag.
  2. Klik 3 kali untuk paragraf
  3. Takan dan tahan tombol Ctrl, klik kalimat.
  4. Kursor di awal kalimat, tahan SHIFT tekan tombol  panah pada keyboard , baik per huruf ataupun per baris
  5. CTRL + SHIFT tekan panah pada key board
  6. CTRL + A , untuk seleksi semua.
  7. Tab Home , tekan  ikon Select.

2. Dasar dasar Editing Teks
2.2 Memindahkan Mengandakan Teks
  1. Metode 1  Klik dan Drag :
  2. Untuk  memindahkan
      • Seleksi teks , klik dan drag ke lokasi tujuan
  3. Untuk menggandakan
      • Seleksi teks, klik dan tahan       CTRL dan taruh lokasi tujuan.
  1. Metode 2 ikon Copy, Cut dan Paste.
  2. Metode 3 dengan shortcut :
      • CTRL +C = untuk menggandakan
      • CTRL +X = untuk memindahkan
      • CTRL + V = untuk paste
  3. Metode 4 dengan menggunakan Clipboard.
      • CTRL + z = untuk membatalkan (undo)
      • CTRL +Y = untuk mengembalikan (redo)



2.3 Mencari dan Mengganti Teks
  1. Mencari :
-          Cara 1 :Ikon Find di Tab Home.
-          Cara 2 : CTRL + F .

Mengganti :
-          Cara 1 : Ikon Replace di Tab Home.
-          Cara 2 : CTRL + H

2.4 Menandai teks
Menggunakan fasilitas Borkmark:
1. Seleksi  teks.
2. Tab Insert , bookmark.
3. Beri nama , Add.
4. Kalau ingin melihat lagi CTRL + G atau
            “Go to”.
5. Pilih bookmark yang sudah ditandai tadi.

2.5 Tampilan dokumen untuk editing teks(View)
Selain di Tab View bisa juga dilihat di status bar. Ada 5 pilihan tampilan :
  1. Draf View, Untuk editing dan formatting.
  2. Outline, untuk mengorganisasikan teks.
  3. Web Layout, mendesain web.
  4. Full Screen Reading, meminimalkan tekanan pada mata supaya  tidak lelah
  5. Print Out, tampilan bila akan di print.
             







Tidak ada komentar:

Posting Komentar