Secara garis besar user interface
program MS WORD 2010 memiliki delapan bagian utama. Berikut ini bagian-bagian
tersebut.

1. tab file
Tab file di sediakan
untuk mengakses backstage view. Backstage view ini berisi perintah-perintah
yang berkaitan dengan menajemen file seperti seve, open, print, save &
send, serta beberapa perintah lainnya.
2. tombol word
Bila anda memilih tombol word, maka anda
akan mendapati munculnya opsi restore, minimize, move, size, dan close
3. Quick access toolbar
Swprti nama nya, Quick access toolbar
adalah sebuah toolbar yang disediakan agar anda bisa melakukan akses secara
cepat menuju perintah-perintah tertentu. Secara default, perintah –perintah
yang terlihat pada toolbar ini dalah perintah save, undo, dan redo. Tapi anda dapat memodifikasi
perintah-perintah yang muncul di toolbar ini sesuai dengan kebutuhan.
4. Title Bar
Title bar menampilkan keterangan nama
dokumen.
5. tombol minimize, restro, dan close
Tmbol minimize berfungsi untuk
menyembunyikan atau memperkecil tampilan jendela MS Word, tombol resto bertugas
memperbesar tampilan jendela, sedangkan tombol close didunakan untuk menutup
jendela MS Word.
6. Ribbon
Ribbon ini terdiri dari beberapa tab.
Masing-masing tab berisi beragam perintah yang di bedakan dalam beberapa
kelompok.
7. Status Bar
Status bar menampilka informasi dasar
seperti keterangan halaman lokasi anda berada, jumlah total halaman dokumen,
jumlah kata dalam dokumen, dan bahasa yang di gunakan dalam dokumen, bagian ini
juga berisi tombol-tombol View untuk mengubah tampilan dokumen dan control zoom
untuk mengtur ukuran tampilan dokumen.
8. Area Dokumen
Di area inilah anda bisa mengetikan teks,
menabahkan grafik, garis vertical kecil yang terlihat berkedip-kedip
menunjukkan lokasi munculnya teks bila anda mengetik.
Mengenal Ribbon
Berikut
ini tab-tab default yang terdapat dalam ribbon :
1. tab file
Tab file merupakan pengganti office button
yang terdapat pada versi MS Office 2007 dan pengganti menu file yang terdapat
pada versi MS World sebelum versiMS Word 2007. Bila anda memilih teb ini,maka
anda akan masuk ke dalam Backstage View.
Di dalam backstage view, anda bis
amengakseas perintah-perintah yang berkaitan dengan menajemen file yakni perintah untuk menbuka file,
perinta save Asdan seve untuk menyimpan file, perintah new untuk membuka
dokumen baru, perintah Recent untuk melihat dan membuka dokumen-dokumen yang
baru saja dibuka perintah Printuntuk mempersiapkan pencetakan dokumen dan
melihat preview dokuman, perintah save & send untuk menyimpan dan
mempublikasikan dokumen, perintah close untuk menutup dokumen, perinta Help
untuk mengakses panduan penggunaan program yang disediakan oleh Microsoft,
perintah info untuk melihat infirmasi yang berkaitan dengan dokumen, perintah
options yang berisi pengaturan-pengaturan
berkaitan dengan program MS Word 2010, dan perintah Exit untuk keluar
dari aplikasi MS Word 2010.
2. Tab Home
Bila anda masuk ke tab home, maka anda akan
mendapati perintah-perintah yang bnerkaitan dengan teks seperti memilih jenis
font, ukura font, warna font, pengaturan paragraph, beragam pilihan style, dan
fasilitas untuk proses editing dokumen.

Tampilan perintah-perintah dalam Tab Home
3. Tab insert
Dalam tab ini anda bisa menemukan perintah
untuk menambahkan cover dokumen, table, foto, Clip, Arts, shapes, diagram,
grafik, shot, hyperlink, header, footer, nomor halaman, Texs Box, Word Art,
Drop Cap, symbol, dan objek-objek pelengkap dokumen lainnya.

4. Tab Page Layout
Pada tab ini anda bisa memilih beragam
theme formatting seperti set theme formatting warna, set theme formatting font,
dan set formatting efek. Pada teb ini
juga tersedia perintah untuk
mengatur orientasi halaman , ukuran kertas, margin, menam,bahkan watermark,
page calor, pege border, dan perintah-perintah untuk mengtur posisi objek di
halaman dokumen.

5. Tab References
Tab ini menyediakan perintah-perintah
untuk menambahkan komponen-komponen referensi
seperti perintah untuk membuat daftar isi, catatan kaki, kutipan,
keterangan gambar dan index.

6. Tab Mailings
Pada tab ini anda bis amenemukan
perintah-perintah yang berkaitan dengan pembuatan perlengkapan surat
menyurat eperti perintah untuk membuat amplop, lebel, pesan email dan dan
beberapa perintah sejenis lainnya

7. Tab Review
Tab ini secara khusus menyediakan
perintah-perintah untuk melakukan review atau peninjauan ulang pada sebuah
dokumen yang telah anda buat.

8. Tab View
Berisi perintah-perintah istimewa untuk
mengubah tampilan dokomen di layar komputer anda. Perintah-perintah untuk mengubah tampilan
dokumen ini meliputi perintah Print layout, fullscreen Reading, WEB Layout, Outline, dan Draft.
Selain itu pada teb ini anda juga bisa
menemukan perintah-perintah untuk menampilkan, Ruler, Gridlines, dan Panel
Nevigations serta peritah-perintahyang berkaitan dengan fasilitas Macros

1.3 Membuat Dokuman
baru
Langkah langkah:
- Tab File
- New
- Blank Document
- Create.
1.4 Menyimpan Dokumen
Langkah langkah:
- Tab File
- Save as, pilih tempat penyimpanan.
- Save
Cara lain:
- CRLT + S
- Klik icon SAVE
1.5 Membuka Dokumen
Langkah langkah:
- Tab File
- Open
- Pilih dokumen yang diinginkan.
- Open
2.1 Menyeleksi Teks
Cara seleksi teks :
- Klik dan Drag.
- Klik 3 kali untuk paragraf
- Takan dan tahan tombol Ctrl, klik kalimat.
- Kursor di awal kalimat, tahan SHIFT tekan tombol panah pada keyboard , baik per huruf ataupun per baris
- CTRL + SHIFT tekan panah pada key board
- CTRL + A , untuk seleksi semua.
- Tab Home , tekan ikon Select.
2. Dasar dasar Editing Teks
2.2 Memindahkan
Mengandakan Teks
- Metode 1 Klik dan Drag :
- Untuk memindahkan
- Seleksi teks , klik dan drag ke lokasi tujuan
- Untuk menggandakan
- Seleksi teks, klik dan tahan CTRL dan taruh lokasi tujuan.
- Metode 2 ikon Copy, Cut dan Paste.
- Metode 3 dengan shortcut :
- CTRL +C = untuk menggandakan
- CTRL +X = untuk memindahkan
- CTRL + V = untuk paste
- Metode 4 dengan menggunakan Clipboard.
- CTRL + z = untuk membatalkan (undo)
- CTRL +Y = untuk mengembalikan (redo)
2.3 Mencari dan
Mengganti Teks
- Mencari :
-
Cara 1 :Ikon Find di Tab Home.
-
Cara 2 : CTRL + F .
Mengganti :
-
Cara 1 : Ikon Replace di Tab Home.
-
Cara 2 : CTRL + H
2.4 Menandai teks
Menggunakan fasilitas Borkmark:
1. Seleksi teks.
2. Tab Insert , bookmark.
3. Beri nama , Add.
4. Kalau ingin melihat lagi CTRL + G atau
“Go to”.
5. Pilih bookmark yang sudah ditandai tadi.
2.5 Tampilan dokumen
untuk editing teks(View)
Selain di Tab View bisa juga dilihat di status bar. Ada 5 pilihan tampilan :
- Draf View, Untuk editing dan formatting.
- Outline, untuk mengorganisasikan teks.
- Web Layout, mendesain web.
- Full Screen Reading, meminimalkan tekanan pada mata supaya tidak lelah
- Print Out, tampilan bila akan di print.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar